MULTIMEDIA
A.
Pengertian Multimedia
Multimedia terdiri dari dua kata "multi" artinya banyak, dan "media"
sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawakan sesuatu. Media
dalam Amerika yaitu alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan
informasi.
Secara umum Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media
yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk
text, audio, animasi dan video.
| B. Elemen-elemen pada multimedia |
- Game, memerlukan teks yang lebih sedikit
- Ensiklopedia membutuhkan teks yang banyak
Jenis-jenis teks seperti Printed Text, yaitu teks yang dihasilkan oleh word
processor atau word editor dengan cara diketik yang nantinya dapat dicetak.
Scanned Text yaitu teks yang dihasilkan melalui proses scanning tanpa
pengetikan. Dan Hypertext yaitu jenis teks yang memberikan link ke suatu
tempat / meloncat ke topik tertentu.
2.
Grafik
Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan
terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata.
Jenis-jenis grafik seperti :
- Gambar vector (vector image) yaitu Gambar Vektor tersimpan sebagai serangkaian instruksi yang digunakan untuk membuat sesuatu gambar yang dinamakan algoritma, yang menentukan bentuk kurva, garis dan berbagai bangun dengan gambar (picture).
- bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor. Contohnya : Paint Brush, Adobe Photoshop, Crorel Draw
- Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps.
- Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar
Clipt art
- Merupakan koleksi gambar jadi yang telah disediakan oleh suatu aplikasi seperti Microsoft Office, Microsoft Publisher.
Contoh sumber Clipart di internet:
3.
Audio
Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa suara. Suara terbagi menjadi tiga
katagori :
- Ucapan (speech) : suara orang berbicara
- Musik (music) : suara yang dihasilkan oleh alat music
- Efek suara (sound effect) : suara yang dibuat untuk menciptakan kesan atau kejadian, seperti suara tembakan, halilintar, gelas pecah, dll.
Format dasar audio terdiri dari beberapa jenis :
- WAVEMerupakan format file digital audio yang disimpan dalam bentuk digital dengan eksistensi WAV
MIDI (Musical Instrument Digital Interface)
- MIDI memberikan cara yang lebih efisien dalam merekam music dibandingkan wave.MIDI disimpan dalam bentuk MID.
4.
Animasi
Animasi mengacu pada gambar-gambar yang bergerak. Animasi dapat dihasilkan
dengan menayangkan frame-frame (bingkai-bingkai) gambar secara
cepat untuk menghasilkan efek pergerakan. Animasi dapat dibagi ke dalam dua
katagori :
- Animasi buatan. Animasi yang dihasilkan oleh manusia melalui bantuan program komputer.
- Animasi video. Animasi yang dihasilkan melalui rekaman darikamera video dan kejadian yang sesungguhnya
Kita bisa membuat animasi menggunakan salah satu aplikasi yaitu Adobe
Flash. Adobe flash sebelumnya bernama Macromedia Flash merupakan software
multifungsi. Terlepas dari fungsi awalnya, yaitu mempermudah pembuatan
animasi web, ternyata flash berkembang pesat hingga dapat kita manfaatkan
sebagai software multi media yang luar biasa. Bahkan Flash dengan action
script-nya dapat dimanfaatkan menjadi program pembuat game yang mudah dan
efektif.
Flash sekarang bukan hanya merupakan software eklusif milik Adobe Flash,
tetapi juga merupakan suatu teknologi animasi di web. Untuk membuat animasi
web dengan format Flash (SWF) kita tidak harus menggunakan software Adobe
Flash, tetapi bisa menggunakan software lain seperti SwishMax, Vecta 3D,
Swift 3D, Amara, Kool Moves dan masih banyak lagi. Berikut ini perkembangan
software yang dikembangkan Macromedia/Adobe Flash.
- Macromedia Flash
- Macromedia Flash 2 (1997)
- Macromedia Flash 3 (1998)
- Macromedia Flash 4 (1999)
- Macromedia Flash 5 (2000)
- Macromedia Flash 6 (2002) atau Macromedia Flash MX
- Macromedia Flash 7 (2003) atau Macromedia Flash MX 2004
- Macromedia Flash 8 (2005)
- Adobe Flash 9 (2007) atau Adobe Flash CS3 & Adobe Flash CS series
5.
Video
Video menyediakan sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia.
Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat
kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan emosi dan psikologi
manusia secara lebih jelas.
C.
Pemanfaatan Multimedia dalam berbagai bidang
1.
Percetakaan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang
di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku
atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa
menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh
manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu
berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to
date lagi.
2.
Iklan
Iklan (commercial) yang ada di televisi atau internet sering
dibuat dalam bentuk multimedia. Multimedia di sini akan melibatkan animasi
sehingga kemampuan suatu tokoh bisa melampaui hukum sebab akibat di dunia.
Contoh iklan yang melampaui hukum sebab akibat di antaranya kemampuan
terbang bagi seseorang, atau kemampuan memperhatikan tarian dariberbagai
sudut.
3.
Bisnis
Aplikasi multimedia untuk bisnis meliputi presentasi, pemasaran,
periklanan, demo produk, katalog, komunikasi di jaringan, dan pelatihan.
Dengan promosi yang inovatif , kreatif dan interaktif , daya saing sebuah
produk menjadi lebih tinggi. Multimedia memiliki kelebihan untuk menarik
indera dan minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan
gerakan.
4.
Pendidikan
- Multimedia dapat menampilkan objek biologi yang sangat kecil untuk dapat dilihat dan dipelajari.
- Multimedia dapat menampilkan objek yang sangat besar dan jauh seperti planet, system tata surya, bentuk gunung, dataran tinggi lainnya.
- Multimedia dapat menampilkan animasi dari objek yang bergerak
- Multimedia dapat menambah daya tarik siswa untuk mengamati berbagai objek
5.
Jurnalistik dan pertelevisian
Jurnalistik dan pertelevisian sekarang semakin maju karna perkembangan
multimedia yang semakin pesat dan banyak diminati oleh khalayak umum. Karna
perkembangan multimedia itu membuat banyak orang tertarik dalam jurnalistik
dan pertelevisian.
6.
Game
Dalam game, multimedia itu sangat diperlukan untuk menarik perhatian para
user. Semakin game itu menarik perhatian, maka yang memainkan game itu akan
semakin banyak.
D.
Authoring Tools
Multimedia authoring tools atau alat penyusunan multimedia adalah paket
perangkat lunak yang dapat dipergunakan untuk membuat dan paket penyampaia
konten multimedia (gabungan dari teks, gambar, grafik, suara,animasi, dan
video) kepada pengguna. Setiap aplikasi multimedia authoring haruslah
memiliki komponen tertentu untuk menciptakan sebuah produk multimedia.
Adapun beberapa komponen tersebut diantaranya :
- Loading and saving asset media (graphic, suara, video, teks, dll.)
- Creating atau editing audio dan graphic images
- Pembuatan page atau slide (layering data multimedia auntuk membuat sebuah single page)
- Efek animasi untuk transisi
- Menspesifikasi urutan aplikasi
- Menambah control interaktif untuk navigasi dan aksi pada saat run time (dijalankan)
- Pembuatan distribusi berbasis CD-ROM tau WEB
Tipe-tipe system authoring :
1.
Slide, card or frame based
Pada sistem ini, elemen sistem authoring diorganisasikan seperti halaman
buku atau tumpukan kartu. Sistem authoring memungkinkan untuk menghubungkan
halaman-halaman atau kartu-kartu tersebut dalam suatu urutan yang
terorganisasi.
a. HyperCard
HyperCard adalah sebuah program aplikasi yang dibuat oleh Bill Atkinson
untuk Apple Computer, Inc yang merupakan salah satu pertama yang berhasil
hypermedia sistem sebelum World Wide Web .. Ini menggabungkan database
kemampuan dengan fleksibel,, user-interface grafis dimodifikasi.
b. Toolbook Assistant
Asisten ToolBook adalah desktop Click2learn e-Learning authoring program
yang khusus dirancang untuk kemudahan penggunaan.antarmuka intuitif adalah
ideal bagi mereka yang ingin membuat e-Learning konten interaktif dengan
cepat, tanpa pemrograman.
2.
Icon based
Menggunakan konsep flowchart untuk membuat aliran elemen-elemen multimedia
yang dihubungkan bersama. Menampilkan diagram alir aktivitas sepanjang
jalur percabangan. Setiap bagian merepresentasikan suatu icon (symbolic
picture).
a. Microsoft Power Point
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program
komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket
aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel,
Access dan beberapa program lainnya.
b. Macromedia Authorware
Macromedia Authorware ialah sebuah bahasa pengaturcaraan grafik berasaskan
carta aliran. Ia digunakan untuk mencipta atur cara interaktif yang
menyepadukan berbagai-bagai kandungan multimedia, khususnya
aplikasi-aplikasi e-pembelajaran.
3. The Score and Timeline Model (berbasis waktu)
Timelines adalah cara yang efektif untuk merepresentasikan data multimedia
selama jalannya presentasi atau aplikasi. Time (waktu) direpresentasikan
sepanjang sumbu x (x-axis) dan tracks direpresentasikan sepanjang sumbu y
(y-axis).
a. Macromedia Director MX
Macromedia Director MX adalah kuat multimedia authoring tool untuk membuat
konten yang kaya interaktif menarik ditempatkan di / DVD-ROM CD, kios, dan
Internet. Hal tersebut terintegrasi dan komprehensif array sebagian besar
elemen multimedia untuk membuat cepat-rendering, kinerja tinggi, aplikasi
media yang kaya.
b. Macromedia Flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat
lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash
digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut.
Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension
.swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash
Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang
muncul pertama kalinya pada Flash 5.
4. Object-Oriented Model
E.
Proses Manajemen Produksi
Didalam proses manajemen produksi ada beberapa langkah :
1.
Konseptualisasi
Proses pembuatan multimedia dimulai dengan sebuah gagasan atau lebih baik
digambarkan sebagai visi. Konseptualisasi melibatkan identifikasi tema yang
relevan untuk judul multimedia.
2.
Pengembangan
· Menentukan sasaran dan tujuan proyek
· Unsur yang sangat penting yang perlu didefinisikan pada tahap ini adalah
sasaran potensial yang diusulkan sejak judul. Ini akan menentukan bagaimana
isi perlu disajikan.
3.
Reproduktion
Ini adalah proses cerdas memetakan strategi yang kohesif untuk seluruh
proyek multimedia, termasuk konten, pelaksanaan teknis dan pemasaran. Pada
tahap ini produsen multimedia mulai mengumpulkan sumber daya dan bakat yang
diperlukan untuk membuat aplikasi multimedia.
4.
Produksi
Setelah semua kegiatan preproduction telah selesai, aplikasi multimedia
memasuki tahap produksi. Kegiatan ini meliputi :
- Konten penilaian
- Interface design
- Grafik pembangunan
- Pemilahan latar belakang dan suara music rekaman
- Pengembangan animasi computer
- Produksi video digital
- Authoring
5.
Pascaproduksi
Di tahap ini aplikasi multimedia memasuki alfa dan beta proses pengujian.
Setelah aplikasi diuji dan direvisi itu memasuki tahap pengemasan, itu bisa
dibakar ke CD-ROM ataudipublikasikan di internet sebagai sebuah situs web.
6.
Dokumentasi
Dokumentasi pengguna yang sangat penting fitur multimedia high-end judul.
Ini termasuk instruksi untuk menginstal. Persyaratan system, pengembangan
pengakuan, hak cipta, dukungan teknis dan informasi lainnya yang penting
bagi pengguna.
F.
Tim Produksi Multimedia
Produksi yang berkualitas dan baik biasaya terlahir dari adanya sebuah tim
didalamnya. Tim tersebut terdiri dari :
1.
Production manager
Peran manajer produksi dalam produksi multimedia yaitu untuk
mendefinisikan, mengkoordinasikan, dan memfasilitasi produksi
proyekmultimedia. Kemampuan manajer produksi yang baik meliputi,
pengetahuan tentang prinsip-prinsip dasar multimedia authoring, penulisan
proposalterampil, baik keterampilan bernegoisasi. Fasih dengan isu-isu
hokum yang relevan. Keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan
pengelolaan anggaran, pengalaman pengelolaan SDM, dan manajemen usaha
secara keseluruhan.
2.
Isi spesialis
Koten spesialis adalah anggota tim produksi yang bertanggung jawab untuk
melakukan semua penelitian yang diperlukan untuk isis aplikasi yang
diusulkan.program konten bisa digambarkan sebagai informasiyang spesifik,
data, gambar atau fakta-fakta yag akan disajikan melalui produksi
multimedia.
3.
Script writer
Dalam produksi multimedia memiliki kemampuan menyajikan peristiwa-peristiwa
di non linear denganpercabangan kea rah yang berbeda dan membangun hubungan
antara berbagai bagian atau komponen dari program.para penilis naskah dari
kebutuhan produksi multimedia bayangkan ini hampir tiga dimensi lingkungan
dan integrasi realitas virtual ke dalam program.
4.
Text editor
Isi produksi multimedia harus logis dan teks harus secara structural dan
tata bahasa yang benar. Teks dan narasi akan diintegrasikan sebagai bagian
dari aplikasi dan pengembangan dokumentasi untuk aplikasi harus
dipertimbangkan. Semua teks elemen terkait harus direvisi oleh editor teks.
5.
Multimedia arsitek
Arsitek multimediaadalah anggota tim yang bertanggungjawab untuk
mengintegrasikan semua blok bangunan multimedia(grafik, teks, audio, music,
video, foto, dan animasi) dengan menggunakan program authoring. Authoring
adalah software yang memungkinkan integrasi semua elemen multimedia ke
presentasi yang komprehensif.
6.
Grafik computer artist
Computer grafis bertanggung jawab atas elemen grafis dari program, seperti
latar belakang, foto kolase, manipulasi, pengeditan, gambar, 3d-objek,
logo, animasi dan sejenisnya.
7.
Audio dan video spesialis
Audio dan video spesialis dibutuhkan ketika intensif menggunakan narasi dan
video digital diintegrasikan ke dalam presentasimultimedia.
8.
Computer programming
Tugas pemrogram computer dalam tim pengembangan multimedia dalah aris kode
pemrograman atau skrip dalam bahasa authoring. Baris kode ini digunakan
untuk kode dan mengembangkan fungsi-fungsi khusus atau kemampuan program
authoring.
Beberapa Cara Membuat Animasi dan Contoh Hasil Pembuatan Multimedia Animasi
Animasi dengan Adobe Flash CC 2015
Animasi dengan Scratch 2 Offline
Animasi Sparkol dengan Sparkol VideoScribe
Beberapa Cara Membuat Animasi dan Contoh Hasil Pembuatan Multimedia Animasi
Animasi dengan Adobe Flash CC 2015
Animasi dengan Scratch 2 Offline
Animasi Sparkol dengan Sparkol VideoScribe










