Sunday, October 22, 2017

MULTIMEDIA

MULTIMEDIA

A. Pengertian Multimedia
Multimedia terdiri dari dua kata "multi" artinya banyak, dan "media" sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawakan sesuatu. Media dalam Amerika yaitu alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.
Secara umum Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, animasi dan video.


B. Elemen-elemen pada multimedia
Teks Merupakan elemen dasar untuk menyampaikan informasi. Memiliki berbagai jenis dan bentuk tulisan yang bisa memberi daya tarik dan penyampaian informasi. Memberi penekanan untuk sesuatu materi yang ingin disampaikan. Hampir semua media menggunkan teks. Kebutuhan akan teks tergantung pada kegunaan aplikasi multimedia. Contohnya:
  • Game, memerlukan teks yang lebih sedikit
  • Ensiklopedia membutuhkan teks yang banyak

Jenis-jenis teks seperti Printed Text, yaitu teks yang dihasilkan oleh word processor atau word editor dengan cara diketik yang nantinya dapat dicetak. Scanned Text yaitu teks yang dihasilkan melalui proses scanning tanpa pengetikan. Dan Hypertext yaitu jenis teks yang memberikan link ke suatu tempat / meloncat ke topik tertentu.

2. Grafik
Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti :

  • Gambar vector (vector image) yaitu Gambar Vektor tersimpan sebagai serangkaian instruksi yang digunakan untuk membuat sesuatu gambar yang dinamakan algoritma, yang menentukan bentuk kurva, garis dan berbagai bangun dengan gambar (picture).


  • bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor. Contohnya : Paint Brush, Adobe Photoshop, Crorel Draw

  • Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps.



  • Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar


Clipt art
  • Merupakan koleksi gambar jadi yang telah disediakan oleh suatu aplikasi seperti Microsoft Office, Microsoft Publisher.
Contoh sumber Clipart di internet:


3. Audio
Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa suara. Suara terbagi menjadi tiga katagori :
  • Ucapan (speech) : suara orang berbicara
  • Musik (music) : suara yang dihasilkan oleh alat music
  • Efek suara (sound effect) : suara yang dibuat untuk menciptakan kesan atau kejadian, seperti suara tembakan, halilintar, gelas pecah, dll.
Format dasar audio terdiri dari beberapa jenis :
  • WAVE 
    Merupakan format file digital audio yang disimpan dalam bentuk digital dengan eksistensi WAV
MIDI (Musical Instrument Digital Interface)
  • MIDI memberikan cara yang lebih efisien dalam merekam music dibandingkan wave.MIDI disimpan dalam bentuk MID.


4. Animasi
Animasi mengacu pada gambar-gambar yang bergerak. Animasi dapat dihasilkan dengan menayangkan frame-frame (bingkai-bingkai) gambar secara cepat untuk menghasilkan efek pergerakan. Animasi dapat dibagi ke dalam dua katagori :

  • Animasi buatan. Animasi yang dihasilkan oleh manusia melalui bantuan program komputer.
  • Animasi video. Animasi yang dihasilkan melalui rekaman darikamera video dan kejadian yang sesungguhnya

Kita bisa membuat animasi menggunakan salah satu aplikasi yaitu Adobe Flash. Adobe flash sebelumnya bernama Macromedia Flash merupakan software multifungsi. Terlepas dari fungsi awalnya, yaitu mempermudah pembuatan animasi web, ternyata flash berkembang pesat hingga dapat kita manfaatkan sebagai software multi media yang luar biasa. Bahkan Flash dengan action script-nya dapat dimanfaatkan menjadi program pembuat game yang mudah dan efektif.
Flash sekarang bukan hanya merupakan software eklusif milik Adobe Flash, tetapi juga merupakan suatu teknologi animasi di web. Untuk membuat animasi web dengan format Flash (SWF) kita tidak harus menggunakan software Adobe Flash, tetapi bisa menggunakan software lain seperti SwishMax, Vecta 3D, Swift 3D, Amara, Kool Moves dan masih banyak lagi. Berikut ini perkembangan software yang dikembangkan Macromedia/Adobe Flash.

  1. Macromedia Flash
  2. Macromedia Flash 2 (1997)
  3. Macromedia Flash 3 (1998)
  4. Macromedia Flash 4 (1999)
  5. Macromedia Flash 5 (2000)
  6. Macromedia Flash 6 (2002) atau Macromedia Flash MX
  7. Macromedia Flash 7 (2003) atau Macromedia Flash MX 2004
  8. Macromedia Flash 8 (2005)
  9. Adobe Flash 9 (2007) atau Adobe Flash CS3 & Adobe Flash CS series


5. Video
Video menyediakan sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan emosi dan psikologi manusia secara lebih jelas.

C. Pemanfaatan Multimedia dalam berbagai bidang

1. Percetakaan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.

2. Iklan
Iklan (commercial) yang ada di televisi atau internet sering dibuat dalam bentuk multimedia. Multimedia di sini akan melibatkan animasi sehingga kemampuan suatu tokoh bisa melampaui hukum sebab akibat di dunia. Contoh iklan yang melampaui hukum sebab akibat di antaranya kemampuan terbang bagi seseorang, atau kemampuan memperhatikan tarian dariberbagai sudut.

3. Bisnis
Aplikasi multimedia untuk bisnis meliputi presentasi, pemasaran, periklanan, demo produk, katalog, komunikasi di jaringan, dan pelatihan. Dengan promosi yang inovatif , kreatif dan interaktif , daya saing sebuah produk menjadi lebih tinggi. Multimedia memiliki kelebihan untuk menarik indera dan minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan.

4. Pendidikan

  • Multimedia dapat menampilkan objek biologi yang sangat kecil untuk dapat dilihat dan dipelajari.
  • Multimedia dapat menampilkan objek yang sangat besar dan jauh seperti planet, system tata surya, bentuk gunung, dataran tinggi lainnya.
  • Multimedia dapat menampilkan animasi dari objek yang bergerak
  • Multimedia dapat menambah daya tarik siswa untuk mengamati berbagai objek


5. Jurnalistik dan pertelevisian
Jurnalistik dan pertelevisian sekarang semakin maju karna perkembangan multimedia yang semakin pesat dan banyak diminati oleh khalayak umum. Karna perkembangan multimedia itu membuat banyak orang tertarik dalam jurnalistik dan pertelevisian.

6. Game
Dalam game, multimedia itu sangat diperlukan untuk menarik perhatian para user. Semakin game itu menarik perhatian, maka yang memainkan game itu akan semakin banyak.

D. Authoring Tools
Multimedia authoring tools atau alat penyusunan multimedia adalah paket perangkat lunak yang dapat dipergunakan untuk membuat dan paket penyampaia konten multimedia (gabungan dari teks, gambar, grafik, suara,animasi, dan video) kepada pengguna. Setiap aplikasi multimedia authoring haruslah memiliki komponen tertentu untuk menciptakan sebuah produk multimedia. Adapun beberapa komponen tersebut diantaranya :

  1. Loading and saving asset media (graphic, suara, video, teks, dll.)
  2. Creating atau editing audio dan graphic images
  3. Pembuatan page atau slide (layering data multimedia auntuk membuat sebuah single page)
  4. Efek animasi untuk transisi
  5. Menspesifikasi urutan aplikasi
  6. Menambah control interaktif untuk navigasi dan aksi pada saat run time (dijalankan)
  7. Pembuatan distribusi berbasis CD-ROM tau WEB


Tipe-tipe system authoring :

1. Slide, card or frame based
Pada sistem ini, elemen sistem authoring diorganisasikan seperti halaman buku atau tumpukan kartu. Sistem authoring memungkinkan untuk menghubungkan halaman-halaman atau kartu-kartu tersebut dalam suatu urutan yang terorganisasi.


a. HyperCard
HyperCard adalah sebuah program aplikasi yang dibuat oleh Bill Atkinson untuk Apple Computer, Inc yang merupakan salah satu pertama yang berhasil hypermedia sistem sebelum World Wide Web .. Ini menggabungkan database kemampuan dengan fleksibel,, user-interface grafis dimodifikasi.


b. Toolbook Assistant
Asisten ToolBook adalah desktop Click2learn e-Learning authoring program yang khusus dirancang untuk kemudahan penggunaan.antarmuka intuitif adalah ideal bagi mereka yang ingin membuat e-Learning konten interaktif dengan cepat, tanpa pemrograman.

2. Icon based
Menggunakan konsep flowchart untuk membuat aliran elemen-elemen multimedia yang dihubungkan bersama. Menampilkan diagram alir aktivitas sepanjang jalur percabangan. Setiap bagian merepresentasikan suatu icon (symbolic picture).

a. Microsoft Power Point
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.

b. Macromedia Authorware
Macromedia Authorware ialah sebuah bahasa pengaturcaraan grafik berasaskan carta aliran. Ia digunakan untuk mencipta atur cara interaktif yang menyepadukan berbagai-bagai kandungan multimedia, khususnya aplikasi-aplikasi e-pembelajaran.

3. The Score and Timeline Model (berbasis waktu)
Timelines adalah cara yang efektif untuk merepresentasikan data multimedia selama jalannya presentasi atau aplikasi. Time (waktu) direpresentasikan sepanjang sumbu x (x-axis) dan tracks direpresentasikan sepanjang sumbu y (y-axis).

a. Macromedia Director MX
Macromedia Director MX adalah kuat multimedia authoring tool untuk membuat konten yang kaya interaktif menarik ditempatkan di / DVD-ROM CD, kios, dan Internet. Hal tersebut terintegrasi dan komprehensif array sebagian besar elemen multimedia untuk membuat cepat-rendering, kinerja tinggi, aplikasi media yang kaya.

b. Macromedia Flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

4. Object-Oriented Model

E. Proses Manajemen Produksi
Didalam proses manajemen produksi ada beberapa langkah :
1. Konseptualisasi
Proses pembuatan multimedia dimulai dengan sebuah gagasan atau lebih baik digambarkan sebagai visi. Konseptualisasi melibatkan identifikasi tema yang relevan untuk judul multimedia.

2. Pengembangan
· Menentukan sasaran dan tujuan proyek
· Unsur yang sangat penting yang perlu didefinisikan pada tahap ini adalah sasaran potensial yang diusulkan sejak judul. Ini akan menentukan bagaimana isi perlu disajikan.

3. Reproduktion
Ini adalah proses cerdas memetakan strategi yang kohesif untuk seluruh proyek multimedia, termasuk konten, pelaksanaan teknis dan pemasaran. Pada tahap ini produsen multimedia mulai mengumpulkan sumber daya dan bakat yang diperlukan untuk membuat aplikasi multimedia.

4. Produksi
Setelah semua kegiatan preproduction telah selesai, aplikasi multimedia memasuki tahap produksi. Kegiatan ini meliputi :

  • Konten penilaian
  • Interface design
  • Grafik pembangunan
  • Pemilahan latar belakang dan suara music rekaman
  • Pengembangan animasi computer
  • Produksi video digital
  • Authoring


5. Pascaproduksi
Di tahap ini aplikasi multimedia memasuki alfa dan beta proses pengujian. Setelah aplikasi diuji dan direvisi itu memasuki tahap pengemasan, itu bisa dibakar ke CD-ROM ataudipublikasikan di internet sebagai sebuah situs web.

6. Dokumentasi
Dokumentasi pengguna yang sangat penting fitur multimedia high-end judul. Ini termasuk instruksi untuk menginstal. Persyaratan system, pengembangan pengakuan, hak cipta, dukungan teknis dan informasi lainnya yang penting bagi pengguna.

F. Tim Produksi Multimedia
Produksi yang berkualitas dan baik biasaya terlahir dari adanya sebuah tim didalamnya. Tim tersebut terdiri dari :

1. Production manager
Peran manajer produksi dalam produksi multimedia yaitu untuk mendefinisikan, mengkoordinasikan, dan memfasilitasi produksi proyekmultimedia. Kemampuan manajer produksi yang baik meliputi, pengetahuan tentang prinsip-prinsip dasar multimedia authoring, penulisan proposalterampil, baik keterampilan bernegoisasi. Fasih dengan isu-isu hokum yang relevan. Keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan pengelolaan anggaran, pengalaman pengelolaan SDM, dan manajemen usaha secara keseluruhan.

2. Isi spesialis
Koten spesialis adalah anggota tim produksi yang bertanggung jawab untuk melakukan semua penelitian yang diperlukan untuk isis aplikasi yang diusulkan.program konten bisa digambarkan sebagai informasiyang spesifik, data, gambar atau fakta-fakta yag akan disajikan melalui produksi multimedia.

3. Script writer
Dalam produksi multimedia memiliki kemampuan menyajikan peristiwa-peristiwa di non linear denganpercabangan kea rah yang berbeda dan membangun hubungan antara berbagai bagian atau komponen dari program.para penilis naskah dari kebutuhan produksi multimedia bayangkan ini hampir tiga dimensi lingkungan dan integrasi realitas virtual ke dalam program.

4. Text editor
Isi produksi multimedia harus logis dan teks harus secara structural dan tata bahasa yang benar. Teks dan narasi akan diintegrasikan sebagai bagian dari aplikasi dan pengembangan dokumentasi untuk aplikasi harus dipertimbangkan. Semua teks elemen terkait harus direvisi oleh editor teks.

5. Multimedia arsitek
Arsitek multimediaadalah anggota tim yang bertanggungjawab untuk mengintegrasikan semua blok bangunan multimedia(grafik, teks, audio, music, video, foto, dan animasi) dengan menggunakan program authoring. Authoring adalah software yang memungkinkan integrasi semua elemen multimedia ke presentasi yang komprehensif.

6. Grafik computer artist
Computer grafis bertanggung jawab atas elemen grafis dari program, seperti latar belakang, foto kolase, manipulasi, pengeditan, gambar, 3d-objek, logo, animasi dan sejenisnya.

7. Audio dan video spesialis
Audio dan video spesialis dibutuhkan ketika intensif menggunakan narasi dan video digital diintegrasikan ke dalam presentasimultimedia.

8. Computer programming
Tugas pemrogram computer dalam tim pengembangan multimedia dalah aris kode pemrograman atau skrip dalam bahasa authoring. Baris kode ini digunakan untuk kode dan mengembangkan fungsi-fungsi khusus atau kemampuan program authoring.


Beberapa Cara Membuat Animasi dan Contoh Hasil Pembuatan Multimedia Animasi



Animasi dengan Adobe Flash CC 2015



Animasi dengan Scratch 2 Offline



Animasi Sparkol dengan Sparkol VideoScribe

Disqus Comments

Penjelasan Game dan Cara Membuat Game

Game Apa itu game ? mungkin bagi kita kata “game” memang tidakah asing lagi, karena kepopuleranyya di berbagai kalangan dan mulai dari a...